Mengenal Psikologi Islam Lebih Dalam : Apa Itu Psikologi Islam?

Di kalangan masyarakat atau bahkan para pelajar, psikologi islam masih menjadi bahasan yang cukup asing. Psikologi sendiri merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari pola pikir manusia dan dikaitkan dengan perilaku atau karakter manusia tersebut.

Psikologi pada umumnya didasarkan pada padangan psikologi barat yang pandangan filsafatnya didasarkan dari spekulasi kebiasaan manusia. Sedangkan, pada psikologi islam sedikit berbeda yaitu dengan lebih fokus pada sumber otentik Al-Qur’an dan Hadist.

Psikologi islam disebut juga sebagai bidang ilmu pengembangan ilmu nafs. Ilmu nafs merupakan beberapa ilmu yang dikembangkan pada masa keemasan islam yang berdasarkan pada pemikiran filsuf klasik islam seperti Ibn Sina, Ibnu Arabi, Al- Ghazali, dan beberapa lainnya. Filsuf tersebut telah banyak memberikan kontribusi di bidang keilmuan psikologi sehingga gagasannya menjadi acuan bagi banyak penelitian.

Seperti yang disebelumnya dikatakan bahwa psikologi islam berpedoman pada Al-qur’an dan hadist. Hal tersebut menjadikan bidang keilmuan ini perlu dipelajari oleh seorang muslim. Alasannya bidang psikologi islam berfokus pada sumber Al-qur’an dan hadist karena Al-qur’an disebut sebagai petunjuk dari Allah.

Ada banyak rahasia khususnya terkait dengan manusia yang dapat ditemukan dalam ayat-ayat Al-qur’an. Hal tersebut dapat dibuktikan dari penemuan sains yang berdasarkan pada ayat Al-qur’an. Bukan tidak mungkin ilmu kejiwaan yang kaitannya dengan manusia telah jelas disampaikan oleh Tuhan dalam kitab suci tersebut. Sedangkan hadist sendiri bisa dijadikan patokan dalam implementasi nyata yang telah dilakukan orang-orang zaman dahulu.

Indonesia sendiri memiliki pusat pengembangan khusus untuk psikologi islam yang berada di dua tempat yaitu Universitas Islam Negeri Jakarta dan Universitas Indonesia. Di UI yang dipimpin langsung oleh Prof Ahmad Mubarok, Dr Ida Sajida, Dr Ali Ghaali dan UIN Jakarta yang dipimpin oleh Prof. Dr. Abdul Mujib, M. Ag, M.Si.

Itulah sedikit pengetahuan tentang psikologi islam yang perlu Anda ketahui. Terlebih sebagai seorang muslim harus memahami bidang keahlian ini karena berkaitan langsung dengan Al-qur’an dan hadist sehingga sangat bagus untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari. Selamat mencobanya!